Menu

TQN PP.Suryalaya

 


Status yg dijadikan dokumen : 
Pertanyaan Asep Wahyu Asep :assalamu"alaikum... apakah *hadist qudsi* itu ? Dan knpa *perkataan Allah* itu dlm hadist tsb ga trmsuk dlm alquran... Mhon pnjelasan"y... Trmksh .

-Abduh Al'arif Billah :
krn ilmu Allah itu luas,,, sangat luas,,, sehingga seumpama pohon menjd penanya dan lautan menjadi tintax,, maka akan habis seluruh tinta itu sementara ilmuAllah msh sangat banyak

-Hun Bui Ki , : 
Hadits Qudsi adalah Hadits dimana perkataan Nabi Muhammad yang disandarkan kepada Alloh SWT.Al-Qur'an itu lafadz dan maknanya dari Alloh SWT, tetapi hadits qudsi maknanya dari Alloh dan lafadznya dari Nabi Muhammad SAW.Hanya dengan membaca Al-Qur'an saja dapat nilai ibadah meski satu huruf, tapi tidak demikian dengan hadits qudsi...

-Yefi Mieftah :
Hadits Qudsi salah satu jenis hadits dimana perkataan Nabi Muhammad SAW disandarkan kepada Alloh atau dengan kata lain Nabi Muhammad SAW meriwayatkan perkataan Alloh.Secara bahasa (Etimologis), kata القدسي dinisbahkan kepada kata القدس (suci). Artinya, hadits yang dinisbahkan kepada Yang Maha Suci, yaitu Alloh swt. Dan secara istilah (terminologis) adalah sesuatu (hadits) yang dinukil kepada kita dari nabi Muhammad saw. yang disandarkan kepada Tuhannya(Alloh SWT).

- Ustadz Deden Ym :...hadits qudsi itu adalah wahyu Alloh yg disampaikan kepada nabi tdk melalui perantara jibril tp melalui ilham / mimpi, adakalanya lafadz sama ma'nanya adakalanya hanya maknanya saja, kemudian disampaikan oleh nabi.
- Ustadz Deden Ym:  hadits kudsi  firman alloh yg tdk ditulis dlm alqur'an kemudian disabdakan oleh nabi. 

-Yefi Mieftah :
kata om wikipediaTerdapat perbedaan yang banyak sekali antara keduanya, di antaranya adalah:Bahwa lafazh dan makna al-Qur`an berasal dari Allah Subhanahu wa Ta’ala sedangkan Hadits Qudsi tidak demikian, alias maknanya berasal dari Allah Subhanahu wa Ta’ala namun lafazhnya berasal dari Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam.Bahwa membaca al-Qur`an merupakan ibadah sedangkan Hadits Qudsi tidak demikian.Syarat validitas al-Qur`an adalah at-Tawâtur (bersifat mutawatir) sedangkan Hadîts Qudsi tidak demikian.

-Achmad Syarif Hidayat :
‎#Al-hadist Al-Qudsiyyi#
HUA MIN HAISUL MA'NA MIN I'NDILLAHI TA'ALAWAMIN HAISUL LAFDI MIN ROSULILLAHI, FAHUA MA AKHBAROLLOOHU TA'LA NABIYYAHU BI ILHAAMIN AU BIL MANAAMI FA AKHBARO A'LAIHI ASSALAMU A'N DZALIKAL MA'NA BI IBAROTI NAFSIHI, FAL QUR'ANU MUFADDHOLUN A'LAIHI LINNA LAFDHOHU MUNAJJALUN AIDHON(Atta'rifat halaman 87) karya syekh Ali Muhammad Al jarjanii

-Misel Suleiman :
Hadits Qudsi menurut istilah adalah apa yang disandarkan oleh Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam dari perkataan-perkataan beliau kepada Allah ta’ala. Al-Qur’an itu lafadh dan maknanya dari Allah, sedangkan hadits qudsi maknanya dari Allahdan lafadhnya dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam.Membaca Al-Qur’an termasuk ibadah dan mendapatkan pahala, sedangkan membaca hadits qudsi bukanlah termasuk ibadah dan tidak mendapat pahala.

Posting Komentar

 
Top