Menu

TQN PP.Suryalaya

 

Janganlah ragu jika ingin bersedekah. 

Hasil Bahts Masail PWNU Jatim 1996 di PP.Salafiyah Asembagus Situbondo-
Dewasa ini karena pertumbuhan penduduk tidak seimbang dengan pertumbuhan lapangan pekerjaan, banyak anak-anak muda mengamen di perempatan jalan atau di angkutan-angkutan umum untuk sekedar menyambung hidup.
Pertanyaan
Perbuatan ini apakah termasuk sail meminta-minta atau bekerja? Kalau termasuk bekerja, maka bagaimana hukumnya dan bagaimana hukum orang yang memberi uang?
Jawaban
Termasuk sail (pengemis) dan bukan termasuk pekerja (ajir). Kita diperbolehkan memberi mereka selama tidak menduga uang pemberian itu digunakan untuk maksiat. Jika kita menduga digunakan untuk maksiat, maka hukumnya haram, selama tidak takut dilecehkan oleh sail tersebut. Adapun hukum mengamen adalah haram, selama dia mampu bekerja ditempat lain menurut qaul yang lebih kuat.
Dasar Pertimbangan Hukum
Kifayat al Akhyar I hal 298
وحق عقد الإجارة: عقد على منفعة مقصودة معلومة قابلة للبدل والإباحة بعوض معلوم ... إلى ان قال: وقولنا قابلة للبذل والإباحة فيه احتراز عن استئجار آلات اللهو كالطنبور ، والمزمار، والرباب ونحوها، فإن استئجارها حرام، ويحرم بذل الأجرة في مقابلتها، ويحرم أخذ الأجرة لأنه من قبيل أكل أموال الناس بالباطل، وكذا لا يجوز استئجار المغاني
Ahkam al Quran li al Jassos II hal 303
(ولاتعاونوا على الإثم و العدوان) أي نهى عن معاونة غيرنا على معاصى الله تعالى
 Sumber: http://solusinahdliyin.net/

Posting Komentar

 
Top