Menu

TQN PP.Suryalaya

 

Peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid Nurul Asror Suryalaya.

Suryalaya (05/08/2012) Dalam rangka memperingati diturunkannya Kitab Suci Al-Quran atau lebih dikenal dengan Peringatan Nuzulul Quran, Dewan Santri Pondok Pesantren Suryalaya menyelenggarakan peringatan tersebut di Mesjid Nurul Asror Pondok Pesantren Suryalaya yang diikuti oleh seluruh Santriwan/Santriwati dari mulai tingkat SLTP dan SLTA. Peringatan kali ini bertepatan dengan tanggal 5 Agustus 2012 / malam 17 Ramadhan 1433 H.
Al-Quran merupakan Kitab Suci yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad Saw melalui perantara Malaikat Jibril. Kitab Suci Al-Quran ini sangat dimuliakan oleh Allah Swt dan surat yang pertama kali diturunkan ialah surat Al-‘Alaq dari ayat 1 s/d 5 yang artinya “ Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmu yang Maha Mulia. Yang mengajar manusia dengan pena. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya”.
Oleh karena itu, layaknya sebagai seorang muslim hendaklah memuliakan Kitab Suci Al-Quran tersebut dengan cara memperingatinya atau dibaca setiap hari walaupun hanya beberapa ayat saja atau lebih banyak lebih bagus, karena didalamnya terkandung banyak faedah dan manfaat bagi yang istiqomah membaca dan mengamalkannya.
Sore harinya sekitar pukul 16.00 WIB seluruh Santriwan/Santriwati Pondok Pesantren Suryalaya yang digabungkan dengan MA dan MTs Serba Bakti berkumpul di halaman sekolah MA dan MTs Serba bakti Pondok Pesantren Suryalaya untuk mengadakan buka puasa bersama. Acara buka bersama ini diisi dengan berbagai macam kreasi seni dari Santriwan/Santriwati Pontren Suryalaya dan dari masing-masing sekolah seperti penampilan Marawis Nurul Falah, Nasyid dan masih banyak yang lainnya. Malam harinya setelah melaksanakan shalat isya, tarawih dan khotaman kemudian dilanjutkan dengan acara peringatan Nuzulul Quran. Peringatan ini di isi dengan Siraman Rohani oleh Ustadz Aceng Abdurrohman. “Hendaklah Kitab Suci Al-Quran itu dibaca setiap hari walaupun hanya beberapa ayat saja yang penting ikhlas membacanya karena bila ikhlas membacanya, Insya Allah akan mendapatkan pahala dari Allah Swt dan mesti dimuliakan Kitab Suci Al-Quran tersebut dan juga malam ini adalah malam yang sangat bersejarah, karena pada malam ini malam 17 Ramadhan dimana Kitab Suci Al-Quran diturunkan Oleh Allah kepada Nabi Muhammad Saw melalui perantara Malaikat Jibril". Demikianlah penjelasan Ustadz Aceng Abdurrohman dalam peringatan Nuzulul Quran 1433 H yang dilaksanakan di Mesjid Nurul Asror Pondok Pesantren Suryalaya.

Sumber: http://www.suryalaya.org/ver2/main.html

Posting Komentar

 
Top