Menu

TQN PP.Suryalaya

 

(Sambungan dari bagian II)

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. bahwa Allah berfirman kepada para malaikat,"Pilihlah tiga malaikat terbaik di antara kalian." Mereka memilih Azra,  Izrail dan Azuya. Jika turun ke bumi mereka dalam rupa dan tabiat anak adam. Ketika Azra menyaksikan hal tersebut danmengetahui fitnah yang akan terjadi serta menyadari bahwa dia tidak akan sanggup menghadapinya, ia pun segera memohon ampun kepada Allah dan memohon dibebaskan dari ujian itu maka Allah membebaskannnya. Sejak saat itu, Azra tidak pernah menengadahkan kepalanya karena malu kepada Allah Ta'ala.
Harut dan Marut akhrinya memilih siksaan di dunia dari Allah.
Dan Para malaikat selama 4 ribu tahun mengelilingi Arasy
untuk memohonkan ampun kepada Allah atas sanggahan mereka.

Rabi' bin Anas berkata,"Ketika Harut dan Marut tersadar dari mabuknya, keduanya menyadari dan menyesali kesalahan yang telah mereka lakukan, keduanya pun ingin naik ke Langit, tetapi tidak memiliki kemampuan dan tidak diperkenankan oleh Allah Ta'ala. Keduanya menangis dan menyesali perbuatan  yang mereka lakukan serta mendatangi Nabi Idris as. serasa berkata,"Mohonkanlah ampun kepada Allah untuk akmi karena kami telah mendengar cerita yang baik tentang kamu di langit."

Nabi Idris as. pun memohonkan ampun untuk Harut dan Marut akan dikabulkannya doanya oleh Allah Ta'ala. Keduanya diperintahkan untuk memilih antara siksaan di dunia dan azab di akhirat."

Diriwayatkan bahwa ketika para malaikat berkata kepada Allah Ta'ala," Apakah Engkau akan menciptakan di muka bumi orang yang akan membuat kerusakan di atasnya dan menumpahkan darah?" (QS.Al-Baqarah: 30). Mereka thawaf mengelilingi Arasy selama empat ribu tahun lamanya memohonkan ampun kepada Allah Ta'ala atas sanggahan mereka.

Wallohualam.

(Sumber : Kitab Al-Tawwabun Karya Imam Ibnu Qudamah Al-Maqdisly Terbitan Dar Al-Kitab Al-Arabi,Beirut-Lebanon Cetakan keempat,1417 H.)

Posting Komentar

 
Top