Menu

TQN PP.Suryalaya

 

Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat,Cirebon
Rajab di kalender Hijryah termasuk bulan yang penuh berkah. Di dalamnya ada sejarah Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad S.A.W.  dan diturunkannya perintah shalat fardhu lima waktu. Khusus menyambut peringatan Isra Miraj, Keraton Kasepuhan Cirebon menyelenggarakan tradisi 'Rajaban'. Selain meningkatkan ketaqwaan, tradisi itupun dimaksudkan untuk meningkatkan kesalehan sosial.
''Tradisi Rajaban sudah berlansung lama di Keraton Kasepuhan setiap tanggal 27 Rajab,'' ujar Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat, Selasa (4/6/2013).
Sultan menjelaskan, dalam tradisi tersebut, pihak keraton membuat Nasi Bogana. Nasi yang ditambah dengan rempah-rempah dan lauk-pauk itu dibagi-bagikan kepada para wargi, kaum mesjid, abdi dalem maupun masyarakat magersari. 

Tak hanya itu, peringatan Isra Miraj juga diisi dengan pengajian di langgar alit Keraton Kasepuhan. Adapun isi pengajian yang disampaikan penghulu keraton tersebut di antaranya penjelasan mengenai hikmah Isra Mi'raj.

Sultan menambahkan peringatan Isra Miraj tahun ini juga dilengkapi dengan sunatan massal, pengobatan gratis, pagelaran kesenian dan pameran kerajinan khas Cirebon. Selain itu, ada pasar dinar dirham dan peluncuran baitul mal Kesultanan Kasepuhan. 
''Acaranya berlangsung mulai pukul 08.00-16.00 WIB dan terbuka untuk umum. Siapapun boleh hadir,'' tutur Sultan

Dokumen pemuda tqn suryalaya news

Sumber: republika.co.id (Republika On Line / ROL)

Posting Komentar

 
Top